Identifikasi Kucing Hutan (Prionailurus bengalensis) Meong Congkok

 

Mediakuaja - Kucing hutan adalah kucing liar yang hidup di dalam hutan dan termasuk salah satu dari anggota suku falidae. Kucing hutan memiliki nama ilmiah Prionailurus bengalensis dari salah satu famili falidae. 

Klasifikasi Ilmiah  

  • Kerajaan      : Animalia

  • Kelas            : Mammalia
  • Filum           : Chordata
  • Ordo             : Carnivora
  • Genus          : prionailurus
  • Famili          : Falidae

Identifikasi

Kucing Hutan atau biasa yang di sebut meong congkok adalah salah satu spesies kucing liar yang hidup di hutan. Mereka memiliki tubuh yang kecil seperti kucing rumahan pada umumnya dengan berat 0,55 - 3,8 kg dengan panjang badan hingga kepala 38 - 66 cm dan panjang ekor mereka 17 - 31 cm. Namun kucing hutan memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih ramping. kucing hutan memiliki warna bulu seperti macan tutul yaitu berwarna coklat kekuningan dan bercorak hitam. Kucing hutan adalah salah satu hewan yang aktif pada malam hari utuk mencari mangsanya.

Makanan

Pada umumnya kucing hutan adalah salah satu pemakan daging. Mereka memakan binatang-binatang kecil yang ada didalam hutan seperti katak, burung, tikus dan hewan kecil lainnya. Namun mereka juga serimg masuk keperkampungan untuk memangsa unggas-unggas peliharaan.
 
Baca juga :

Habitat dan Persebaran

Kucing hutan adalah penghuni hutan hujan tropis dan hutan gugur. Mereka memiliki wilayah persebaran yang sangat luas. Kucing hutan tersebar di wilayah asia timur ( korea dan china), Asia Selatan (India), dan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Brunai, fhilipin). Di Indonesia mereka dapat ditemukan di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan papua).

Perkembangbiakan

Kucing hutan sering di temukan sendirian namun kadang mereka juga sesekali ditemukan berpasangan jantan dan betina. Jika saat ditemukan berpasangan mereka berati sedang melakuakn proses perkawinan. Kucing tidak memiliki musim kawin dan masa produktif kucing hutan adalah sepanjang tahun. Untuk masa kehamilan kucing hutan adalah 70 hari dan saat melahirkan kucing hutan dapat menghasilkan 2-4 ekor anak. Anak-anak yang telah di lahirkan akan mereka jaga di dalam sarang yang terbuat dari daun-daunan kering dan bentuk sarang mereka seperti sarang tupai. Anak kucing hutan memiliki keunikan berbeda karena sampai umur 10 hari anak mereka tidak dapat membuka mata mereka seperti anak-anak hewan lain pada umumnya.

Status Konservasi dan Ancaman 

Dalam status konservasi Kucing Hutan termasuk dalam kategori resiko rendah. Hal ini dikarenakan Kucing Hutan masih mudah untuk ditemukan di indonesia. Namun tingginya tingkat perburuan liar dan perdagangan kucing hutan di pasar-pasar gelap menjadikan kucing hutan terancam keberadaannya. Kucing hutan termasuk salah satu satwa yang di lindungi di indonesia. Untuk upaya perlindungan dan penegakan hukum pemerintah menerapkan peraturan melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor. 106/MENLHK/SEKJEN/KUM/2018

Baca Juga : Arwana Merah (Scleropages) Sang Penghuni Danau Sentarum

Artikel Sebelumnya
35 Komentar :
  • Moch. Ferry Dwi Cahyono
    Moch. Ferry Dwi Cahyono April 27, 2021 at 6:29 AM

    Akhirnya referensi kucing dan fauna lainnya menjadi mengenal

  • Unknown
    Unknown April 27, 2021 at 10:39 AM

    keren makin semangat nih kunjungi juga https://blog.rajait.id

  • Rehan Hadi
    Rehan Hadi April 27, 2021 at 1:27 PM

    Sangat bermanfaat.. 😁
    Kunjungi juga https://wajibklikk.blogspot.com

  • Muhno
    Muhno April 27, 2021 at 3:25 PM

    Wih keren pingin punya nih

  • Pucuk bacaan.com
    Pucuk bacaan.com April 27, 2021 at 4:05 PM

    Keren bos

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro April 27, 2021 at 4:37 PM

    Kalau pas ketemu bisa salah sangka kalau dia macan tutul ya. Hehehe

  • M. Norfahrul
    M. Norfahrul April 27, 2021 at 5:38 PM

    Oh teenyata ini kucing hutan, banyak nih d kampunh saya, skrng jd kucing kampung

  • ajunkkalpa
    ajunkkalpa April 27, 2021 at 5:58 PM

    Keren kk, kunjungi juga https://maimelajah.com

  • admin
    admin April 27, 2021 at 6:07 PM

    Kalau ditempat sama namanya macan alas, tp kucing apa harimau sih

  • Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi..
    Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi.. April 27, 2021 at 6:18 PM

    Wah keren mas,sangat membantu bagi pengetahuan ,mkasih mas

  • Neztra
    Neztra April 27, 2021 at 6:23 PM

    Artikel yang menambah ilmu pengetahuan. Trimakasih banyak kakak.

  • Pena Biru✍️
    Pena Biru✍️ April 27, 2021 at 6:29 PM

    Mirip kucing yhaa...

  • Admin
    Admin April 27, 2021 at 6:31 PM

    Kalo nemu di hutan, pasti di kira kucing biasa hehe

    Serak Kuaci

  • Mayada Azizah
    Mayada Azizah April 27, 2021 at 6:49 PM

    Baguss artikelnya, jadi tau tentang kucing hutan

  • YIP
    YIP April 27, 2021 at 6:57 PM

    mudah mudahan tetap lestari

  • Darmaji Nss
    Darmaji Nss April 27, 2021 at 6:59 PM

    Kucing salah satu hewan kesayangan saya lho..

  • catatankinanti
    catatankinanti April 27, 2021 at 7:13 PM

    Suka sama kucing, tapi belum siap melihara. Terimakasih infonya

  • Safira aulia
    Safira aulia April 27, 2021 at 8:05 PM

    Baru tau ada kucing hutan😂

  • G.L
    G.L April 27, 2021 at 8:49 PM

    Anak kucing kah ?

  • Muhammad Rizal
    Muhammad Rizal April 27, 2021 at 9:13 PM

    Terimakasih artikel sangat bermanfaat,
    jangan lupa juga kunjungi http://bit.ly/reset-keyword-google-planner
    http://bit.ly/restful-api-php-oop

  • Muhammad Rizal
    Muhammad Rizal April 27, 2021 at 9:22 PM

    Terimakasih artikel sangat bermanfaat,
    jangan lupa juga kunjungi
    Reset Keyword dengan google planner
    Restful API PHP OOP

  • Perd.Art
    Perd.Art April 27, 2021 at 9:40 PM

    Lucu juga ya jadi peliharaan

  • Bang Arief
    Bang Arief April 27, 2021 at 9:50 PM

    Jadi kepengen pelihara kucing

  • Mutia Nurul Rahmah
    Mutia Nurul Rahmah April 27, 2021 at 10:41 PM

    Gemoy banget, namun ini termasuk hewan yang dilindungi ya. Klo gitu mrawat kucing liar aja yuk

  • Ilalang Al Bantani
    Ilalang Al Bantani April 27, 2021 at 11:10 PM

    Penasaran sumber referensinya dari mana..seru dunia binatang

  • InfoQu
    InfoQu April 28, 2021 at 1:04 AM

    Pernah liat kucing ini dijual di oasar hewan :(

  • dermawanagain
    dermawanagain April 28, 2021 at 1:06 AM

    lucu kucing hutannya

  • Blogseger
    Blogseger April 28, 2021 at 1:14 AM

    lucunya. kalau ditempat saya kuceng alas namanya hhe

  • Pak Slamet
    Pak Slamet April 28, 2021 at 2:16 AM

    Nice info

  • ReWhite
    ReWhite April 28, 2021 at 3:02 AM

    Nice info, saya alergi kucing tapi pernah sekali dulu punya ini kucing

  • Jagonya Resep
    Jagonya Resep April 28, 2021 at 2:50 PM

    aku suka kucing, kecuali kuging garong😁

  • elinotes
    elinotes April 28, 2021 at 6:02 PM

    kucing kalau sering ditangkap dan diburu makin terancam punah

  • p2mal
    p2mal April 29, 2021 at 8:36 AM

    artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih penjelasannya admin
    Visit UMA
    Visit P2MAL

  • Unknown
    Unknown April 30, 2021 at 11:33 AM

    Jgn2 ini mash ada keturunan dgn kucing besar nya harimau

  • Dhira
    Dhira May 8, 2021 at 12:57 PM

    Kalau dilihat dari namanya "meong congkok" kaya dari sunda ya, lucu lihat gambarnya, cuma kalau sudah besar berbahaya ngak ya sob..

Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Satwa dilindungi